Apple Akan Menggunakan Prosesor Buatan Sendiri

0 0
Read Time:2 Minute, 54 Second
[ux_image id=”2010″]

 

Apple telah mengkonfirmasi akan mentransisikan laptop Mac dan komputer desktop ke prosesor berbasis ARM sendiri. Langkah ini berarti bahwa Mac akan berjalan pada jenis chip yang sama dengan iPhone dan iPad perusahaan, bukan Intel. Intel telah menghadapi masalah dalam pembuatan desainnya sendiri, membuatnya mengeluarkan permintaan maaf publik kepada pembuat komputer.

Tantangan Apple adalah menjalankan transisi dengan lancar dan meyakinkan pengembang pihak ketiga untuk memperbarui aplikasi mereka.

“Kami memperkirakan akan mengirimkan Mac pertama kami dengan silikon Apple pada akhir tahun ini,” kata kepala eksekutif Tim Cook, seraya menambahkan bahwa kemungkinan akan dua tahun sebelum lini produk lengkapnya membuat lompatan.

Perusahaan itu mengatakan langkah itu akan memungkinkannya untuk menawarkan fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja serta membuatnya lebih mudah bagi pengembang untuk “menulis dan mengoptimalkan perangkat lunak untuk seluruh ekosistem Apple”. Pengumuman ini dibuat di Worldwide Developers Conference (WWDC) tahunan Apple.

“Motivasi Apple untuk melakukan ini termasuk mengurangi ketergantungannya pada Intel, memaksimalkan investasi silikonnya, meningkatkan kinerja dan memberi dirinya lebih banyak fleksibilitas dan kelincahan dalam hal produk masa depan,” komentar Geoff Blaber dari konsultan CCS Insight.

“Merangkul ARM dan membuat perangkat kerasnya lebih konsisten di seluruh rentang iPhone, iPad, dan Mac adalah kebutuhan strategis, tetapi akan ada tonjolan yang tak terhindarkan di sepanjang jalan.”

Apple mengatakan telah mengembangkan versi asli beberapa aplikasi sendiri, termasuk Final Cut Pro X dan Logic Pro. Aplikasi iPhone dan iPad juga dapat dijalankan di komputer.Apple mengatakan bahwa Microsoft sedang mengerjakan versi Office yang dioptimalkan, dan Adobe mengembangkan versi Photoshop. Pengembang lain harus dapat mengkompilasi ulang aplikasi mereka untuk menjalankan versi “hanya dalam beberapa hari,” kata kepala perangkat lunak perusahaan Craig Federighi. Dia menambahkan bahwa aplikasi lama akan secara otomatis diterjemahkan pada titik instalasi untuk dijalankan, meskipun mereka tidak akan berfungsi juga. Untuk menandai pentingnya langkah ini, MacOS akan pindah ke versi 11. Sejak tahun 2001, ia hanya pindah dari 10.0 ke 10.15.

Silikon apel
Apple berhasil beralih dari prosesor PowerPC IBM-Motorola ke keluarga x86 Intel pada tahun 2006. Namun, beberapa perangkat lunak tidak pernah diperbarui dan tidak dapat dengan mudah dijalankan di komputer Mac saat ini. Apple menjatuhkan dukungan untuk menjalankan perangkat lunak yang lebih lama di bawah persaingan dalam rilis 2011 sistem operasi Mac-nya. Microsoft sudah memungkinkan Windows 10 dijalankan pada prosesor berbasis Intel dan ARM dan tampaknya akan terus mendukung kedua arsitektur chip tersebut. Apple belum menyatakan berapa lama akan melakukan hal yang sama.

Akibatnya, beberapa orang yang mempertimbangkan untuk membeli salah satu laptop atau komputer desktopnya mungkin memutuskan untuk menunda pembelian sampai komputer berbasis ARM pertamanya mulai dijual. Ini bisa menekan penjualan baik di Apple maupun studio pengembangan yang membuat perangkat lunak untuk platform tersebut.

Chip berbasis ARM didasarkan pada desain perusahaan yang berbasis di Inggris, yang berkantor pusat di Cambridge. Perusahaan lain kemudian mengadaptasi ini untuk menambah kemampuan mereka sendiri.

Samsung, Qualcomm dan Huawei adalah di antara banyak perusahaan lain yang melakukannya. Apple adalah vendor PC terbesar keempat, menurut perusahaan riset pasar Gartner, yang berada di belakang Lenovo, HP, dan Dell. Perusahaan telah mengatakan bahwa ia memiliki lebih dari 100 juta pengguna Mac aktif. Kembali pada Juni 2005, ketika pertama kali mengumumkan kepindahan ke chip Intel, angkanya sekitar 12,5 juta.

“Apple kira-kira 4,5% dari pasar laptop dan 2,6% dari pasar desktop, sehingga dampak finansial terhadap Intel tidak akan signifikan,” komentar Jon Erensen dari Gartner.

“Namun, transisi ini … dapat memberikan momentum bagi upaya Microsoft saat ini untuk menjalankan Windows pada prosesor Snapdragon Qualcomm.”

 

Sumber : https://www.bbc.com/news/technology-53142989 
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *