Windows 10 Update v2004, Crash & Bug?

0 0
Read Time:3 Minute, 12 Second
[ux_image id=”2016″]

 

Bulan Mei 2020, Windows merilis update OS tebaru pada Windows 10, yakni Windows 10 versi 2004. Namun, bukannya membawa fitur atau perubahan baru yang membuat semakin nyaman, update Windows 10 versi 2004 dilaporkan malah membawa crash dan bug pada perangkat pengguna.

Banyak pengguna mengeluhkan berbagai masalah yang mereka alami setelah melakukan update OS Windows 10 versi 2004 tersebut. Mulai dari audio driver, Bluetooth Realtek, One Drive, Intel Optane, perangkat menjadi lambat, dan banyak lagi. Para pengguna mengeluhkan hal tersebut melalui forum Microsoft.

Beberapa Bug dari Windows 10 v2004 yang telah diketahui : 

  • DISM might incorrectly report corruption is still present after repair:

Setelah menggunakan perintah Deployment Image Servicing and Management (DISM.exe) / restorehealth untuk mendeteksi dan memperbaiki korupsi sistem, Anda mungkin menerima laporan dari alat bahwa korupsi masih ada. Ini dapat terjadi bahkan ketika telah diperbaiki. Contoh untuk menggunakan perintah / restorehealth adalah: DISM.exe / Online / Cleanup-image / Restorehealth

  • Variable refresh rate not working as expected on devices with Intel iGPU:

Intel dan Microsoft telah menemukan masalah ketidakcocokan saat menggunakan monitor dengan Variable refresh rate (VRR) yang dicolokkan ke adaptor display unit pemrosesan grafis (iGPU) Intel dan Windows 10, versi 2004 (Pembaruan Windows 10 Mei 2020). Mengaktifkan VRR pada perangkat yang terpengaruh tidak akan mengaktifkan VRR untuk game menggunakan Direct X 9.

  • Errors or unexpected restarts for some devices using Always On, Always Connected

Beberapa perangkat yang menggunakan fitur Selalu Aktif, Selalu Terhubung mungkin memiliki masalah kompatibilitas dengan Windows 10, versi 2004 (Pembaruan Windows 10 Mei 2020). Perangkat yang terpengaruh akan memiliki lebih dari satu adapter jaringan yang mampu Selalu Aktif, Selalu Terhubung, seperti Microsoft Surface Pro 7 dan Microsoft Surface Laptop 3, dan mungkin menerima kesalahan atau shutdown atau restart yang tidak terduga.

  • Issue with older drivers for Nvidia display adapters (GPU):

Nvidia dan Microsoft telah menemukan masalah ketidakcocokan dengan versi tertentu dari driver adaptor layar Nvidia dan Windows 10, versi 2004 (Pembaruan Windows 10 Mei 2020). Perangkat Windows 10 dengan versi driver tampilan Nvidia yang terpengaruh mungkin menerima galat berhenti dengan layar biru atau masalah lain selama atau setelah menginstal pembaruan ke Windows 10, versi 2004. Driver yang terpengaruh adalah versi mana pun yang lebih rendah dari 358.00.

  • Errors or issues during or after updating devices with Conexant ISST audio drivers

Synaptics dan Microsoft telah menemukan masalah ketidakcocokan dengan versi driver tertentu untuk driver audio Conexant ISST dan Windows 10, versi 2004 (Pembaruan Windows 10 Mei 2020). Perangkat Windows 10 dengan driver audio Conexant ISST yang terpengaruh mungkin menerima kesalahan atau mengalami masalah saat menginstal pembaruan atau setelah perangkat diperbarui. Pengandar yang terpengaruh akan diberi nama Conexant ISST Audio atau Conexant HDAudio Driver di bawah Pengontrol suara, video dan game di Device Manager dan memiliki nama file uci64a96.dll melalui uci64a231.dll dan versi file lebih rendah dari 7.231.3.0.

Sementara beberapa komentar di forum mencoba mengatasi bug tersebut dengan berbagai hal. Misalnya, mereset ulang One Drive, mengubah registry “Cldflt” melalui Registry Editor, dan lainnya.

Akan tetapi, tentunya solusi tersebut tidak bisa diaplikasikan pada semua perangkat yang terganggu. Sebab, permasalahan yang ditimbulkan juga berbeda-beda.

Untuk sementara waktu, banyak yang menyarankan untuk tidak melakukan update Windows 10 ke versi 2004 ini. Namun sayangnya, secara default perangkat berbasis Windows 10 akan memaksa untuk melakukan update jika versi baru tersedia. Kecuali, jika pengguna melakukan tweak tertentu yang mungkin sedikit sulit dilakukan orang awam.

Sampai saat ini belum ada respon resmi dari Microsoft. Microsoft hanya menjawab keluhan dari para pengguna bahwa update versi 2004 tersebut memang mengalami masalah, dan sedang mengerjakan perbaikan untuk masalah tersebut.

Belum diketahui kapan Microsoft akan merilis update baru untuk memperbaiki semua bug dan crash yang ditimbulkan. Tak hanya itu, bahkan belum diketahui seberapa banyak kerusakan yang ditimbulkan oleh update tersebut. Semoga saja Microsoft bisa segera memberikan jalan keluar untuk kasus yang cukup besar ini. (IR/MF)

Sumber : Telset.id, wccftech.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *