Wi-Fi 6

 

Kecepatan adalah kunci dengan Wi-Fi, dan kategorinya sudah pasti bergerak cepat akhir-akhir ini. Pertama kali datang Wi-Fi 6, versi baru, lebih cepat dari Wi-Fi yang mulai menggebrak pasar pada tahun 2019. Sekarang, setelah pemungutan suara dengan suara bulat pada bulan April, Komisi Komunikasi Federal membuka seluruh spektrum baru untuk mengakomodasi perangkat next-gen yang dirancang untuk memanfaatkannya.

Wi-Fi Alliance, kelompok industri yang mengelola nomenklatur Wi-Fi, memberi merek spektrum baru ini dan perangkat yang dapat memanfaatkannya dengan nama baru: Wi-Fi 6E. Perangkat seperti itu diharapkan akan mulai masuk ke toko pada akhir tahun ini. Satu laporan yang didanai industri mengklaim bahwa, bersama dengan memberikan kecepatan lebih cepat dan ruang baru untuk pertumbuhan lalu lintas internet, langkah ini akan menghasilkan lebih dari $ 180 miliar pendapatan AS selama lima tahun ke depan.

Dengan kata lain, sudah beberapa tahun yang sibuk untuk Wi-Fi – dan kedatangan Wi-Fi 6E mungkin merupakan pengembangan yang paling signifikan. Berikut ini beberapa konteks untuk membantu Anda merangkul kepala Anda.

Tentang 6GHz

Singkatnya, ini adalah versi Wi-Fi yang lebih cepat dan lebih efisien yang memungkinkan titik akses nirkabel seperti router untuk mengelola jaringan yang lebih penuh dengan banyak pengguna dan perangkat klien. Metafora saya yang berbelit-belit untuk semua itu adalah membayangkan router Anda sebagai bartender, dan perangkat di jaringan Anda sebagai orang yang mencoba memesan minuman. Router Wi-Fi 6 seperti bartender empat tangan yang mampu menyajikan minuman secara efisien ke beberapa pelanggan sekaligus.

Masukkan Wi-Fi 6E. Ini bukan versi baru Wi-Fi seperti Wi-Fi 6, melainkan istilah yang mengidentifikasi perangkat Wi-Fi 6 yang dilengkapi dengan chip dan radio yang diperlukan untuk beroperasi dalam spektrum spektrum baru yang baru saja dibuka FCC . Jika router Wi-Fi 6 adalah bartender yang lebih baik, maka router Wi-Fi 6E adalah bartender yang lebih baik dengan bilah baru, yang memiliki daftar klien eksklusif dan banyak ruang untuk bekerja.

Spektrum baru itu berada di band 6GHz, band yang sebelumnya tidak dialokasikan untuk penggunaan Wi-Fi tanpa izin seperti band 2.4 dan 5GHz sudah ada. Jadi apa yang hebat dari 6GHz?

Semua tentang bandwidth

Katakanlah Anda punya satu galon susu di meja dapur Anda yang mewakili seluruh spektrum frekuensi radio. Anda mengambil jarum, menusukkannya ke sisi karton, dan kemudian menariknya. Aliran susu yang sangat tipis mulai keluar beberapa meter. Kemudian, Anda mengambil sesuatu yang sedikit lebih tebal, seperti paku, dan menusuk lubang lain ke sisi wadah. Kali ini lebih banyak susu yang keluar karena lubangnya lebih lebar – tetapi tidak terlalu jauh.

Anda dapat menganggap kedua lubang tersebut sebagai band 2,4 dan 5GHz. Dengan rentang frekuensi hanya 70MHz, pita 2,4GHz lebih sempit dari keduanya. Seperti susu penembakan lubang jarum di dapur Anda, ia dapat mengirim data pada jarak yang masuk akal, tetapi dengan celah kecil, ada batas berapa banyak yang dapat dikirim. Dengan bandwidth 500MHz, pita 5GHz mewakili lubang yang lebih besar di karton susu. Itu dapat melewati lebih banyak data sekaligus – tetapi tidak bisa mengirimkannya sejauh ini.

Itu membawa kita ke band 6GHz Wi-Fi 6E dan 1.200MHz bandwidth tambahan. Ini seperti Anda telah melubangi karton susu ukuran seperempat. Banyak susu mengalir keluar, tetapi menyembur ke bawah dan tidak bergerak jauh sekali.

Kesimpulannya adalah bahwa band 6GHz akan paling cocok untuk koneksi jarak dekat, idealnya antara perangkat yang berada di ruangan yang sama satu sama lain. Dalam situasi seperti itu, kedua perangkat harus dapat melewati sejumlah besar data bolak-balik dengan efisiensi penuh Wi-Fi 6. Kami akan menantikan untuk menguji koneksi seperti itu (dan batasan jangkauannya) di akhir tahun ini, ketika router yang kompatibel dengan Wi-Fi 6E mulai berdatangan.

“Dengan Wi-Fi 6E, Anda tidak hanya mendapatkan lebih banyak bandwidth tetapi juga bandwidth yang lebih bersih – yang berarti mampu memberikan kecepatan data yang lebih tinggi secara nirkabel yang diperlukan bersama dengan mobilitas sejati.”

Perry Correll, Jaringan Ekstrim

Perry Correll dari Extreme Networks, yang duduk di kelompok tugas IEEE 11ax dan Wi-Fi Alliance Wi-Fi 6, menyarankan bahwa jarak pendek pita 6GHz dan jumlah salurannya yang lebih besar sebenarnya merupakan “keuntungan luar biasa” dalam padat, lingkungan yang menantang seperti pusat transportasi, unit apartemen, arena olahraga dan kompleks bisnis.

“Jika Anda duduk di stadion yang penuh sesak dengan 70.000 orang lainnya, kedatangan Wi-Fi 6E berarti Anda tidak akan bersaing untuk bandwidth dengan cara yang sama seperti dulu,” kata Correll. “Akan lebih mudah untuk mengalirkan acara ke teman, memesan konsesi melalui aplikasi, atau bahkan untuk mengetahui kamar mandi mana yang memiliki saluran terpendek.”

Bagian VIP Wi-Fi

“AR / VR dan gaming adalah kasus penggunaan hebat lainnya untuk band 6GHz,” kata Correll. “Banyak yang tidak menyadari bahwa set VR mutakhir yang membutuhkan bandwidth paling banyak sebenarnya ditambatkan dengan kabel. Dengan Wi-Fi 6E, Anda tidak hanya mendapatkan lebih banyak bandwidth tetapi juga bandwidth yang lebih bersih – yang berarti dapat secara nirkabel menyediakan data yang lebih tinggi tarif diperlukan bersamaan dengan mobilitas sejati. “

Wi-Fi 6 benar-benar kunci untuk bandwidth yang lebih bersih, karena tidak akan ada perangkat Wi-Fi generasi sebelumnya yang mampu memanfaatkan band 6GHz. Itu berarti bahwa jaringan Wi-Fi 6E tidak akan memiliki perangkat generasi yang lebih tua yang bertindak sebagai tautan lemah di rantai.

Mari kita kembali ke analogi yang saya buat sebelumnya. Seperti yang saya katakan, jika Wi-Fi 6 membuat router Anda menjadi bartender yang lebih baik yang dapat secara efektif melayani banyak pelanggan sekaligus, maka Wi-Fi 6E adalah bilah itu sendiri – dan itu adalah jenis sambungan yang eksklusif, khusus anggota. Pelanggan hanya memesan koktail adalah pelanggan Wi-Fi 6E yang mampu berada di sana, dan semuanya mendukung Wi-Fi 6.

Dengan kata lain, tidak ada yang memberikan pandangan aneh dan bingung pada bartender berlengan empat saat dia membagikan minuman, karena mereka semua juga punya empat tangan. Itu tidak ramai dan berisik seperti bar lainnya, dan semua orang diperlengkapi untuk mengambil keuntungan penuh dari kemampuan bartender. Ini adalah kehidupan malam tercepat dan paling efisien di kota.

Jadi, saya akan membutuhkan router lain?
Ada kesulitannya. Seperti yang disarankan oleh eksklusivitas bar metaforis, Anda harus menjadi anggota untuk dapat masuk. Khususnya, Anda akan memerlukan perangkat Wi-Fi 6E yang dilengkapi dengan chipset baru yang dibangun untuk mengirim sinyal dalam pita 6GHz.

Itu mungkin membuat frustasi bagi siapa pun yang melompat lebih awal dan membeli router Wi-Fi 6 baru pada tahun lalu, tetapi jangan terlalu keras pada diri sendiri. Masih sangat dini untuk Wi-Fi 6E, dan peluncurannya akan memakan waktu. Wi-Fi 6 baru-baru ini menembus arus utama dengan penyebaran publik dan dukungan dari perangkat profil tinggi seperti iPhone SE dan Samsung Galaxy S10. Perangkat seperti yang mendukung Wi-Fi 6E mungkin tidak tersedia secara luas hingga 2021.

Dengan kata lain, router Wi-Fi 6 yang Anda beli di Black Friday akan terus menjadi jalur akses top-of-the-line selama setahun atau lebih, dan itu akan terus menjadi router yang sangat bagus setelah itu, terima kasih kepada segala sesuatu yang dibawa Wi-Fi 6 ke meja. Bahkan, menunggu untuk memutakhirkan hingga Wi-Fi 6E diimplementasikan secara lebih luas dan dipoles mungkin merupakan pendekatan terbaik. Pada saat itu, kami akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jenis pengguna yang paling diuntungkan dari peningkatan, dan mereka juga akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk menemukan penawaran yang bagus.

Berita bagus lainnya: Gadget Wi-Fi generasi lama Anda masih akan bekerja dengan router yang mendukung Wi-Fi 6E, karena Wi-Fi 6 sepenuhnya kompatibel dengan versi Wi-Fi sebelumnya. Mereka tidak akan bisa beroperasi di band 6GHz eksklusif itu.

Sumber : cnet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi,
Ada yang bisa kami bantu?