AMD Ryzen Melebihi Tantangan Efisiensi Daya ’25×20′

 

AMD mengatakan bahwa mereka telah memenuhi dan bahkan melampaui tujuan “25×20” yang ditetapkan pada tahun 2014, di mana ia menantang dirinya sendiri untuk meningkatkan efisiensi energi prosesor sebesar 25X pada tahun 2020.

AMD mengatakan proporsi aktual adalah 31,7 kali efisiensi energi prosesor 2014, AMD “Kaveri” FX-7600P, yang dinilai pada TDP 35 watt. (Daya desain termal, atau TDP, biasanya mengacu pada skenario “terburuk” untuk daya termal.) AMD membandingkannya dengan Ryzen 7 4800H, bagian 45W yang dapat dikonfigurasi hingga 35W.

“Dalam aplikasi konsumen pada PC, ini semua tentang pengalaman, dan efisiensi pada akhirnya, karena kami memiliki beban lingkungan dengan semua yang kami lakukan,” kata Mark Papermaster, kepala petugas teknologi AMD, dalam sebuah wawancara dengan PCWorld . “Itu adalah komitmen tingkat perusahaan kami, untuk mengarahkan segala yang kami lakukan, untuk membawa kinerja tinggi, di seluruh pasar yang kami layani, tetapi untuk melakukannya dengan efisiensi yang sangat, sangat tinggi.”

 

Papermaster mengatakan angka efisiensi energi diperoleh dengan mengambil hasil dari “campuran 50-50” dari tolok ukur multi-ukuran Cinebench R15 dan benchmark 3DMark 11, membaginya dengan Energy Star Konsumsi Energi Khas. Hasil tersebut, untuk FX-7600P dan Ryzen 7 4800H, kemudian dibandingkan.

AMD mengatakan prosesornya mengurangi waktu komputasi rata-rata untuk tugas yang diberikan sebesar 80 persen dari 2014 hingga 2020, sementara juga mencapai pengurangan 84 persen dalam penggunaan energi. Dengan kata lain, AMD mengatakan bahwa prosesor Ryzen 7 4800H menyelesaikan tugas komputasi yang khas pada seperlima waktu chip Kaveri 2014, menggunakan kekuatan keenam. Suatu perusahaan yang membeli 50.000 laptop Kaveri pada 2014 akan menghemat 4 juta kilowatt jam listrik jika mereka mengganti laptop dengan laptop menggunakan 4800H, kata AMD.

AMD dapat menunjukkan peningkatan yang lebih baik jika memilih prosesor 25W TDP, tambah Krewell. Itu akan termasuk APU “Kabini” AMD, yang akan mencakup Athlon 5350. (AMD mengatakan dalam siaran pers bahwa mereka juga membandingkan FX-8800P, FX-9830P, Ryzen 7 2700U, Ryzen 7 2800H, Ryzen 7 3750H, dan Ryzen 7 4800H dalam perhitungan efisiensi energinya.) Sam Naffziger, rekan perusahaan AMD yang berfokus pada desain mikroprosesor AMD, menjelaskan bahwa AMD memilih prosesor yang dilakukannya dengan alasan konsistensi.

Naffziger juga mengatakan bahwa dia tidak memiliki jawaban yang baik untuk bagaimana prosesor desktop AMD akan melacak menggunakan metrik yang sama. Kinerja jelas akan naik, katanya. Chip desktop AMD juga mendapat manfaat dari beberapa peningkatan yang sama yang telah ditambahkan ke prosesor mobile AMD, seperti Modern Standby, katanya.

“Beberapa tahun yang lalu kami mengatakan sebagai perusahaan bahwa akan ada tantangan besar menjaga kepatuhan Energy Star,” Papermaster menambahkan. “Pendekatan yang sama yang dijelaskan Sam kepada Anda di sini saat diterapkan pada desktop untuk efisiensi energi, telah memungkinkan kami untuk benar-benar meningkatkan kinerja dengan kinerja desktop kepemimpinan … dan mempertahankan kepatuhan Energy Star.”

Sejumlah faktor berkontribusi terhadap peningkatan AMD, yang dimulai ketika efisiensi daya seluler perusahaan “tidak kompetitif,” kata Krewell. Enam tahun lalu, FX-7600P hanya membanggakan empat core dan empat thread, pada proses 28nm. AMD sejak itu melompati dua node proses tambahan, hingga 7nm. Ryzen 7 4800H sekarang menjadi anggota berkinerja sangat tinggi dari keluarga Ryzen Mobile 4000, dan bagian 8-core / 16-thread.

Sejumlah besar efisiensi daya AMD mungkin dapat ditelusuri ke pergeseran proses AMD, tetapi sisi kinerja persamaan telah diangkat oleh peningkatan cepat dalam jumlah inti AMD, peningkatan desain “chiplet”, ditambah algoritma seperti Precision Boost 2 dan Extended Frequency Range untuk menjaga prosesor Ryzen di eselon atas dari frekuensi peningkatnya sesering mungkin. Secara keseluruhan, bagaimanapun, lebih banyak pencapaian AMD 25×20 dimungkinkan oleh sisi kekuatan dari persamaan, kata Krewell.

“Mereka telah menambahkan lebih banyak manajemen daya yang lebih baik selama bertahun-tahun,” kata Krewell. “Secara keseluruhan, mereka hanya direkayasa dengan lebih baik.”

Sumber : Pcworld.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi,
Ada yang bisa kami bantu?